Friday, March 29, 2013

cara membuat rol slide horizontal dengan xml di android

Leave a Comment
Salam Sukses, jumpa lagi dengan saya rizky ardian. Kali ini kita akan belajar tentang cara membuat roll slide horizontal di android.  Sara posting ini terinspirasi dari rekan saya ricky yng tanya kepada saya saat proses pembuatan aplikasi android di SEAMOLEC . Oke langsung saja kita buka pedang kita yaitu Eclipse. Buat project baru dan beri nama sesuai keinginan anda. kali ini saya beri nama Slidehor.





 
 Selanjutnya kita disini akan bermain dengan activity_main.xml saja.
Masih ingatkah anda, jika kita mau edit/membuat baru file xml letaknya di folder res-layout.Sedangkan untuk edit mengedit/menambah(manipulasi) file class kita di folder src-nama urlandatadi(tes.rizky.slidehor)

Jangan lupa untuk mendaftarkan class baru ke Android manifest karena itu sangat berpengaruh. Langsung saja kita bka activity_main.xml dengan cara double klik. Lalu pilih tampilan kerja dengan tampilan Grapical Layout.




Biasanya secara default, di app kita terdapat tulisan Helloworld, untuk itu kita hapus dengan cara di seleksi(di klik di mouse) dan klik delete. Setelah itu kita menuju ke folder palette-Composite-HorizontalScrollView(Drag ke lembar kerja). 



ubah pengaturan ukurannya dengan cara arahkan penglihatan kita ke lembar kerja kanan kita-Properties. Kita ubah Width dan Heightnya menjadi FillParent.
Stop dulu, Tahukah kalian apa itu Fill Parent? KLu belum tahu ayok belajar bersam klu yang sudah mahir bisa ikut nambahin.
Pengertian:
Fill Parent= Ukuannya penuh dengan Worckpace/ukuran layar android
Warp Content= Ukurannya sesuai dengan konten tersebut, semisal kita memaasukkan gambar uk.30cm ukuranya ya segitu.
Sedangkan Match Parent itu uk. kita rubah secara manual dengan cara di seleksi objek tersebut lalu di tarik / di kuarangi.
Ukuran Di android ini menggunakan satuan dp, sedangkan layout tampilannya memakai satuan pixel. Rata-rata untuk layout baghround android ukurannya 320X420 px.
Ok sudah paham teman? Klu belum paham boleh tanya kepada saya / yang lebih ahli.
Lanjutkan!...,Sekarang untuk menu Horizontal slidenya rencana pertama saya mau kasih text view. Dengan cara, kta tujukan mata ke pilihan Palette, lalu pilih Form Widget lalu pilih uk. mau yang Large/medium-lalu drag plih kotak kuning yang pertama(tep kiri sendiri). 
 
 

Klu mau mengubah tulisan, arahkan pandangan anda ke properties lalu pilih text dan edit sesuka hati. 
 
Setelah itu ulangi langkah pertama dengan cara mengedrag lagi tapi di sebelahnya kotak kuning yang pertama.


Setelah itu coba kita run. Eh eh eh sebelu itu kalian bertanya kenapa kok javanya tidak di edit dan tidak di daftarkan ke android manifest. Jawabnnya karna inikan udah default pertama. dan file java(class) yang Main activity kan perintah nya sudah benar suruh melihat di activity_main.xml coba lihat gambar di bawah ini terlebih dahulu.












jadi kode setcontent view itu gunannya javanya mau di bawa kemana, Yaitu di suruh lihat activity_main.xml. Sedangkan Activity yang sesudah extends itu gunanya untuk mendaftarkan aktivitas tersebut di javanya. Sudah pahamkah?





Penjelasan android manifest, <activity> kita lihat .MainActivity itu adalah project/lebih dikenalnya java yang pertama akan di jalankan . Sudah paham?
Lanjut kita coba jalankan di emulator androidnya dengan cara klik/seleksi folder klik kanan-run as-1.Android Aplication.

 Okey Sekian dari pembelajaran kali ini, jika ada yang mau sharing/tanya, apabila saya bisa menjawab. bisa contact di no +6289678268483/juga bisa melalui fb.

Untuk tugas pematangan kali ini,
1)coba untuk membuat beberapa slide lagi agar lebih banyak.
2)Ganti file yang semula tulisan menjadi gambar.
3)Berkreasilah dengan kreatifitas tanpa batas.
Thanks






0 comments:

Post a Comment